Liburan di Pulau Seribu (P. Untung Jawa)

Saya mempunyai beberapa sahabat yang saya kenal sewaktu di SMA. Kami sering berwisata bersama saat liburan sekolah sampai kemarin disaat liburan kuliah. Saat liburan kuliah kemarin, kami bersama-sama liburan ke salah satu kepulauan 1000. Sebelum berangkat kami malamnya berkumpul di Basecame. Kami berencana menginap disana selama satu malam. Pada pagi harinya kami berangkat menuju ke Tanujung Pasir, disana tempat dermaga penyebrangan. Saat sampainya dipelabuhan kami bernegosiasi dengan salah satu pemilik kapal  yang akan mengantar  kami ke salah satu pulau yg berada dikepulauan 1000. Nama pulau itu adalah Pulau Untung Jawa.

Setelah negosiasi selesai kami segera menaiki kapal. Saat menyebrang saya bersama dua teman saya sempat duduk diujung depan kapal. Angin yang berhembus kewajah saya membuat saya tidak sabaran ingin cepat-cepat sampai dipulau itu. Saatnya sampai dipulai, saya pikir pula ini tidak berpenduduk.
Ternyata pulau ini memiliki penduduk sekitar 600 jiwa. Ditengah-tengah pulau padat dengan rumah penduduk.

Kami langsung mencari tempat penginapan.Setelah beberapa jam kami mencari penginapan, tanpa sadar kami sudah mengelilingi setengah dari pulau itu. Huh cape juga, akhirnya kami dapat penginapan juga. Kami menginap disalah satu rumah penduduk yang memang sengaja disewakan oleh pemiliknya. Setelah sampai dipenginapan kami istirahat. Sore harinya kami bersama-sama menuju ketepian pantai. Saya pikir dipantai rame akan penduduk, dan ternyata dipantai hanya ada saya dan teman-teman saya. Serasa dipulau sendiri, hhe... Pantainya masih alami dengan pasir yang putih dan air laut yang bening. Saat berenang sambil menunggu sunset ternyata pantai yang kami tempati membelakangi matahari. Terpaksa kami berjalan mealui pinggiran pantai menuju pantai Barat. Dalam perjalanan kami melewati hutan bakau yang lebat dan penuh dengan sampah-sampah pakaian pria & wanita yang tebawa oleh ombak. Saya menemukan sebuah cap yang bertulisakan Lampung, dan saya pikir sampah-sampah pakaian yang berada dihutan bakau berasal dari Lampung. Wow jauh juga yaa.. Setelah keluar dari hutan bakau kami langsung melihat bulatnya matahari yang hampir akan terbenam. Indahnya melihat matahai disore hari yang akan terbenam dengan langit yang berwarna merah kehitaman. Kami duduk dipinggiran pantai sambil menyaksikan indahnya sunset. Setelah matahari terbenam kami kembali ke penginapan.

Sampainya dipenginapan kami mandi dan segera mencari makan malam. Setelah makan malam kami menyempatkan diri untuk duduk dipinggir pantai untuk merasakan angin sejuknya angin laut dimalam hari. Kembalinya kami kepinginapan, kami mencanakan untuk bangun pagi agar bisa melihat sunrise. Pagi harinya hujan turun dan kami tidak dapat melihat matahari terbit. Setelah hujan berhenti kami segera sarpan pagi. Kami makan didekat dermaga sambil menghirup angin laut yang sejuk dipagi hari. Setelah selesai makan kami lansung menuju pantai yang bisa menjadi tempat berenang. Kami berenang sampai tidak terasa mataharipun sudah diatas kepala, kami pun segera menyudahinya. Kami kembali kepenginapan untuk bersiap-siap membereskan barang bawaan. Sebelumnya keluar dari tempat penginapan kami masih mempunyai beberapa jam waktu untuk istirahat.

Setelah istirahat cukup kami langsung  keluar dari tempat penginapan. Sebelum kedermaga kami menyempatkan untuk makan siang terlebih dahulu. Selesai makan siang kami langsung menuju kedermaga. Didermaga penuh dengan wisatawan yang datang maupun yang akan pulang.Semua kapal terlihat penuh, saya melihat sebuah kapal tua yang sepi dari penumpang. Saya langsung bernegosiasi dengan pemilik kapal. Saat menyebrang kapal tua itu terasa sudah tidak layak pakai lagi, kapal yang lain dengan penumpang yang banyakpun dapat mendahului kapal yang saya tumpangi. Tapi saya tetap menikmati penyebrangan itu.

Sampainya di Tanjung pasir kami langsung menuju Basecame. Setelah beberapa saat kami istirat diBasecame dan bercerita-cerita kami langsung pulang kerumah masing-masing.

sumber: http://rangga-rakagama.blogspot.com/2009/10/liburan-di-pulau-1000.html

0 Response to "Liburan di Pulau Seribu (P. Untung Jawa)"

Poskan Komentar