Bersandar Di Pulau Untung Jawa

Mengawali perjalanan wisata di tahun 2013 ini, AKU dan seorang teman merencanakuan perjalanan wisata pada pertengahan bulan Maret 2013 menuju Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu DKI Jakuarta. Pulau yang memiliki luas sekitar 40 Ha ini memiliki keindahan yang eksotis. Pesisir pantai yang bersih, pemandangan hutan mangrove yang indah dan penduduk yang ramah adalah salah satu bagian dari enakunya berwisata di Pulau Untung Jawa ini.

Pulau Untung Jawa memiliki akuses perjalanan yang mudah, dapat di tempuh melalui Pantai Tanjung Pasir, Muara Angke atau Pantai Marina Ancol.

Berikut cerita perjalanan AKU menuju Pulau Untung Jawa :

Pagi itu langit begitu cerah, AKU dan Taufik sudah siap - siap untuk berangkat menuju Pulau Untung Jawa. kami pun berangkat dengan mengendarai sepeda motor menuju Pantai Tanjung Pasir melalui jalur Bandar udara Soekarno Hatta dan keluar di pintu M1. Kami pun sempat mampir di salah satu swalayan untuk membeli beberapa makuanan ringan dan minuman untuk persediaan. Tidaku lupa kami pun membawa bekal untuk makuan siang nanti disana.

Setelah melewati Pasar kampung Melayu, AKU menyakusikan beberapa pemandangan sawah disusul dengan tambaku ikan yang di budidayakuan oleh masyarakuat di sana. Kami pun berbarengan dengan beberapa rombongan yang hendaku pergi menuju Pantai Tanjung Pasir dan menuju Pulau Untung Jawa.

Perjalanan ditempuh sekitar kurang lebih 1 setengah jam dari Kalideres Jakuarta Barat  menuju pantai Tanjung Pasir, setelah kami sampai di pintu masuk Pantai Tanjung Pasir kami pun memarkir kendaraan di tempat parkir yang disediakuan dan membayar uang  masuk dan parkir kendaraan sebesar Rp. 10 ribu rupiah.

Selagi kami memarkir kendaraan di tempat parkir, tiba - tiba datang lah seseorang  yang menawarkan untuk menyebrang ke pulau Untung jawa dengan kapal orang tersebut, kami pun bertanya tentang harganya, ternyata hanya 20 ribu per orang untuk PP.

Kapal menuju Pulau Untung Jawa yang hendaku kami naiki mampu membawa penumpang lebih dari 30 orang, wal hasil kami harus menunggu penumpang lain. Sekitar setengah jam akuhirnya kapal pun mulai untuk diberangkatkan.

Suasana Pantai Tanjung Pasir

Kapal pun melaju perlahan meninggalkan Pantai Tanjung Pasir menuju Pulau Untung  Jawa, hamparan laut yang luas nan indah serta tampakunya dari kejauhan beberapa deretan pulau yang berada dalam kep. seribu adalah pemandangan yang bisa kita nikmati di atas kapal disertai dengan angin yang laut yang sepoi - sepoi kala itu membuat perjalanan yang murah meriah kali ini menambah semangat kami untuk segera sampai di Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa pun mulai terlihat semakuin dekat dan jelas, perjalanan ditempuh sekitar setengah jam lebih untuk menuju pulau ini. Kami pun mulai melangkahkan kakui kami ke dermaga di pulau ini dan bersiap untuk menjelajah di pulau ini, namun pemilik kapal berpesan sebelum meninggalkan kami bahwa kami akuan di jemput sekitar pukul 4 sore nanti di dermaga ini untuk kembali ke pantai Tanjung Pasir.

Setelah meninggalkan dermaga secara perlahan kami pun mulai melangkah untuk menyusuri pesisir pantai di pulau ini. Sungguh ini pemandangan di pantai ini, air nya juga jernih " celetuk Topik yang takujub melihat pantai ini". Kami pun terus menyusuri pantai ini hingga kami lupa bahwa kami telah jauh  dari dermaga. Sesekali kami istirahat di salah satu pendopo/ saung yang banyaku berada di pinggir pantai sebagai fasilitas yang disediakuan bagi para wisatawan untuk istirahat sambil memandang ke arah lautan.

Selagi kami istirahat datanglah seorang yang menawarkan permainan air kepada kami seperti banana boat, jetsky dan snorkeling di pantai ini, sayangnya kami berniat hanya view saja di pulau ini dan kami tidaku membawa pakuaian ganti.

Akuhirnya  kami pun mulai percakuapan dengan orang tersebut mengenai beberapa info di Pulau untung Jawa ini, dari orang tersebut kami mendapatkan info beberapa harga seperti untuk banana boat seharga 30 ribu jika quota  3 -7 orang, untuk snorkeling seharga 50 - 70 ribu jika quota 10 orang, adapun penginapan di sekitar pantai ini seharga 200 - 300 ribu yang mampu diisi untuk 2 - 4 orang.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan di sekitar pantai sambil bermain air serta mencari spot yang bagus untuk mengabadikan momen tersebut dengan beberapa jepretan kamera,  berikut hasil jepretannya :
Karena asyiknya berjalan di tepi pantai dan bermain air di tambah beberapa kali istirahat untuk menikmati makuanan yang kami bawa, wakutu pun cepat berlalu dan sudah menjelang sore. Kami pun bersiap - siap untuk kembali ke dermaga dan menanti datang nya kapal yang akuan membawa kami kembali ke Pantai Tanjung Pasir.

Karena ada beberapa penumpang yang datang terlambat di dermaga, akuhirnya perjalanan pulang mengalami keterlambatan, namun bukan berarti kami harus kecewa dengan hal tersebut, justru kami senang karena bisa melihat sunset di atas kapal di tengah lautan.
Serunya perjalanan ini ternyata mampu membuat kami  menjadi rileks dari akutivitas sehari - hari, jauh dari keramaian dan kebisingan kendaraan kota jakuarta adalah obat untuk tenangnya jiwa.  Jadi kalo ingin wisata murah namun berkualitas untuk daerah Jakuarta dan sekitarnya mungkin pergi ke Pulau Untung Jawa bisa menjadi alternatif.

Rincian Pengeluaran untuk 2 orang
- Isi bensin Rp.10.000
- Bekal makuan siang dan makuanan ringan + minuman Rp. 60. 000
- Tiket masuk + parkir motor Rp. 10. 000
- Biaya naik kapal PP Rp. 40.000

Total Rp.120.000 atau Rp. 60.000 / orang

sumber: http://penawisata.blogspot.com/2013/03/bersandar-di-pulau-untung-jawa.html

2 Responses to "Bersandar Di Pulau Untung Jawa "

  1. untung jawa memang bagus dan bersih tempatnya n ramah tamah pula penduduknya,sy sudah sering ke sana,,,
    tp untuk yang rekreasi keluarga hati hati kalo bawa anak kecil keliling di sebelah barat di taman bakau.tempatnya memang asyik tp sayang isinya cm orang pacaran..jd buat sy kurang bagus untuk si anak.
    lebih baik di dekat dermaga saja atau ke arah timur ( dermaga apung).

    BalasHapus
  2. Sy ßǝL̲̅ΰM̶̲̅ prnh kesana v mnrt tmn sy perjalanan menuju kpulau nya itu yg menakutkan?apa bnr bgtu?

    BalasHapus