Ngegembel ke Pulau Untung Jawa

Sekarang Tanjung Pasir semakin ramai. Tidak seperti dulu dimana kapal yang melayani penyeberangan ke Pulau Untung Jawa masih sedikit, bisa saya hitung dengan jari tangan. Sekarang banyak kapal dengan berbagai ukuran siap mengantarkan pengunjung ke Pulau Untung Jawa, tetap dengan tarif yang sama Rp 20.000 pulang pergi.

Ini adalah kedua kalinya saya menjejakkan kaki di Pulau Untung Jawa. Saya sempat kaget melihat perkembangan Pulau Untung Jawa yang semakin bagus, tertata dan jauh lebih bersih dari dua tahun yang lalu. Pantas saja kapal yang melayani penyeberangan semakin banyak karena wisatawan yang berkunjung semakin ramai. Turun di dermaga, saya dan saudara-saudara saya langsung disambut oleh guide-guide yang menawarkan berbagai macam olah raga air. Ada Banana Boat, Donat Boat dan Snorkeling di Pulau Rambut. Setelah berdiskusi dengan alot sampai jotos-jotosan dan teriak-teriak (hehe Lebay..) saya dan saudara-saudara saya mengambil paket Snorkeling di Pulau Rambut dengan tarif Rp 50.000/orang include Guide, Kapal dan peralatan snorkeling.. Let’s go berangkat… tek tek tek tek tek teek (bunyi kapalnya…)

Melihat saudara-saudara saya yang belum pernah snorkeling ada yang nervous, ada yang pengen buang aer bahkan sebelumnya  ada yang tidak mau Snorkeling dengan alasan jadi seksi dokumentasi dari atas kapal. Halaaaah alasan yang tidak bisa saya terima (saya kepala panitia Tour). Semua harus turun ke laut. Qiqiqiq..

Benar kan saya bilang. Snorkeling itu menyenangkan. Ketawa-ketawa kayak orang gila di tengah laut. Walaupun view bawah lautnya tidak sedahsyat di APL Pulau Pari, tempat ini sangat saya recommended bagi pemula yang ingin merasakan sensasi Snorkeling dengan aman. Air lautnya bening dengan ombak yang tenang. Walaupun dalamnya mencapai 2 meter lebih sampai 3 meter tapi di spot ini mempunyai batu-batu coral besar dan tinggi yang bisa kita jadikan tempat pijakan bila merasa lelah. Guide nya selalu siap membantu semua keperluan kita. Anda ingin mencoba?

Lelah Snorkeling tentu kita menjadi lapar. Di Pulau Untung Jawa banyak kios-kios yang menjajakan aneka makanan Sea Food dengan menu Ikan Bakar, Cumi asam manis, udang dan Kepiting saos tiram dan lain-lainnya. Lengkap dengan nasi, lalapan, sayur tumis dan sambalnya. Masalah harga, jangan ditanya. Saingan sama restoran di Pondok Indah Mall. Saya pikir wajarlah karena ongkos transport yang mereka keluarkan lebih mahal karena mereka tinggal di Pulau yang harus nyeberang dengan kapal jika membeli bahan-bahan makanan. Untuk makan siang kali ini kami mengeluarkan budget Rp 191.000 untuk lima orang dengan menu yang lumayan komplit dan sangat mengenyangkan. Setelah kenyang makan, saya dan seorang saudara saya pun kembali menceburkan diri ke laut buat berenang (bukan berenang, tapi berendem qiqiqiq) sedangkan yang lainnya tepar kelelahan.
Sebelum pulang, tentunya tidak sah kalau tidak melakukan ritual foto-foto narsis di pulau ini. Jangan lewatkan hutan bakau yang lebat sekali meskipun banyak sampah-sampah yang nyangkut di akar-akarnya. Foto-foto di tepi dermaga tentu menjadi hal yang wajib. Narsis ria di depan plang papan tulisan Welcome to Untung Jawa Island buat di pajang di Facebook nantinya. Dan tak kalah pentingnya foto-foto di toko souvenir dengan tampang pura-pura polos pingin beli padahal Cuma numpang foto doang habis tu ngacir sambil ketawa-ketawa. Ini dia penampakan orangnya.

Hari sudah menjelang sore, pemilik kapal sudah teriak-teriak kayak di pasar ikan memanggil penumpang untuk pulang ke Tanjung Pasir. Ternyata masih banyak sekali tempat-tempat yang belum kami kunjungi di Pulau ini. Mungkin lain waktu kami akan kembali lagi ke Pulau Untung Jawa dengan pasukan yang lebih banyak . Aamiin… 

For Your Information. Last Up Date 15 November 2012

Parkir dan retribusi masuk Tj. Pasir Mobil : 25.000. Motor : 10.000
Kapal Penyeberangan : 20.000 PP
Paket Snorkeling (include guide, kapal dan perlatan) : 50.000/orang
Paket Banana Boat : 25.000/orang
Paket Donat Boat : 35.000/orang
Penginapan 1 kamar dengan kamar mandi dalem Pake AC : 350.000. Gak Pake AC : 300.00 (bisa nego kalo lg gak rame..)
Sewa tikar : 10.000/lembar (mahal euy…)
Bilas dan ganti baju : 3.000/ember air

sumber: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/11/28/ngegembel-ke-pulau-untung-jawa-511791.html

2 Responses to "Ngegembel ke Pulau Untung Jawa"